Senin, 24 Februari 2014

Perang Dunia Ke II


1. Proses Perang Dunia II

   A. Medan Pertempuran (Front) Perang Dunia II di Eropa:


Perang Dunia II yang  terdapat di wilayah Eropa terdiri atas beberapa medan pertempuran (front) , yaitu:

  • Medan pertempuran Eropa Timur 
  • Medan pertempuran Eropa Barat
  • Medan pertempuran di Semenanjung Balkan
  • Medan pertempuran di Rusia
Berikut penjelasan  proses Perang Dunia II di Eropa secara keseluruhan,

Perang diawali oleh penyerbuan Jerman ke Denzig, Polandia pada tanggal 1 September 1939. Sejak saat itu dengan cepat  Jerman menduduki  Denmark, Norwegia, Belanda, Belgia, Luxemburg dan Prancis. Selanjutnya Jerman melancarkan serangan udara ke Inggris pada tahun 1940. 

Atas keberhasilan serangan-serangan itu, Italia terdorong untuk melancarkan serangan ke Yunani dan Yugoslavia. Namun tentara Italia berhasil dihancurkan oleh gabungan pasukan Yunani.  Melihat kekalahan rekannya itu, Jerman mengirimkan bala bantuan ke wilayah itu dan ternyata memperoleh kemenangan.


Pada tahun 1941 Jerman menyerang Uni Soviet , dan hal itu berarti  Jerman telah menghianati perjanjian Pakta Nonagresi. Oleh karena itu, Uni Soviet berbalik memusuhi  Jerman dan segera melancarkan serangan  balasan terhadap Jerman. Puncak serangan Sekutu terjadi di Normania dibawah pimpinan Jenderal Eisenhower (Amerika Serikat) pada tanggal 6 juni 1944 yang dikenal dengan peristiwa D-Day. Hal itu membuat negara-negara di Eropa Barat dengan cepat membebaskan diri. Dan Akhirnya , Jerman menyerah di kota Reims pada tanggal 7 Mei 1945.


B. Medan Pertempuran Perang Dunia II di Asia


Perang Dunia II di Asia Pasifik adalah perang antara Jepang dengan Amerika Serikat dimulai pada tanggal 7 Desember 1941. Setelah berhasil melumpuhkan pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour (Pasifik), selanjutnya Jepang menguasai Filipina dan Malaka. Peristiwa ini mendorong amerika Serikat untuk membentuk persekutuan pertahanan yang disebut ABDACOM (Amerika, British, Dutch, Australian Command). Persekutuan inilah yang pada akhir Perang Dunia II mendapat sebutan sebagai Blok Sekutu.


2. Kronologi Perang Dunia II  

3.    Akibat Perang Dunia II
Dibidang  Politik :
a. Munculnya negara adi kauasa  seperti  Amerika Serikat (blok barat) dan uni soviet (blok timur) sebagai negara pemenang perang

b. Antara blok barat dan blok timur saling mencurigai hingga terjadi perang dingin

c. Beberapa negara yang terkena dampak perang dunia II mengalami perpecahan seperti negara jerman, korea, vietnam, india, china, dan nyaman


Dibidang ekonomi :
Sistem perekonomian di berbagai negara pada pasca perangdunia ke II umumnya memburuk terjadi pada tahun 1929, tetapi bagi jepang, jerman, dan italia yang kalah perang telah mampu bangkit kembali untuk membangun kembali negaranya dan kini menjadi negara industri maju

Dibidang Sosial: 
Korban kerusakan dan penderitaan rakyat akibat perang dunia II terdapat di berbagai negara dan sangat membutuhkan bantuan moral maupun material di bidang pertahanan dan keamanan

Dibidang pertahanan dan keamanan:
Setelah perang dunia II berakhir masing-masing negara yang terlibat perang, mulai berupaya untuk memenuhi kebutuhan akan pertahanan bagi negaranya yang diantisipasi melalui pemilikan senjata dan kerja sama antar negara Dalam bentuk pakta pertahanan militer. Beberapa bentuk kerja sama antar negara dalam bidang pertahanan militer antara lain : 

1. NATO (North Atlantic Treaty Organization)
2. Pakta Warsawa
3. CENTO (Central Treaty Organization)
4. SEATO (South East Asia Trearty Organization)
5. METO (Middle East Treaty Organization)
6. ANZUS (Australia,New Zeland, United State)

Dibidang organisasi internasional

                Pasca perang dunia II, masing-masing negara saling menyadari bahwa akibat dari  peperangan  adalah kehancuran dan penderitaan rakyat yang sia-sia. Para negarawan sesungguhnya berupaya untuk mendirikan suatu organisasi internasional yang bertujuan untuk memelihara perdamaian dunia, seperti PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) dan lahirnya gerakan Non-Blok.

4.       Perjanjian untuk Mengahiri Perang Dunia II


Perjanjian Postdam (1945)
A. Pembagian wilayah jerman menjadi dua, yaitu Jerman Barat (Di bawah kuasa Sekutu) dan Jerman Timur (Di bawah kuasa rusia)
B. Pembagian kota Berlin menjadi dua, yaitu Berlin Barat (Di bawah kekuasaan Amerika Serikatm, Inggris, dan Prancis) serta Berlin Timur (Dibawah kekuasaan Rusia)
C. Pemberian daerah Danzig dan Niese pada Polandia
D. Pengurangan (Demiliterisasi) Angkatan perang Jerman
E. Mengadili dan menghukum  tokoh-tokoh NAZI dibawah pengawasan badan Internasional
Perjanjian San Fransisco (1951)
a. Mengawasi kepulauan Jepang oleh pasukan Amerika Serikat
b. Jepang harus melepaskan kembali daerah-daerah yang dikuasainya selama perang Asia Timur Raya
c. Menyerahkan pulau Kuriel dan Sakhalin kepada Rusia
d. Mengadili dan menghukum para tokoh Fasis dibawah pengawasan badan Internasional
e. Jepang harus membayar kerugian perang pada sekutu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar